Legenda Nyi Roro Kidul

Reza Aslan Mei 01, 2022

 Hai legenda Nyi Roro Kidul

dikisahkan di tanah Jawa tepatnya di

daerah Pajajaran terdapat sebuah

kerajaan purba yang dipimpin oleh

seorang Prabu bernama Munding wangi atau

lebih dikenal sebagai Prabu Siliwangi

keenam

Prabu Siliwangi terkenal akan

kegemarannya berburu hewan di hutan

[Musik]

pada suatu hari Prabu Siliwangi tersesat

ketika sedang berburu

hutan ini sungguh misterius Aku sama

sekali tidak bisa menemukan jalan keluar

Apakah aku terlalu jauh masuk ke dalam

hutan

Hai Prabu Siliwangi merasa putus asa

Bagaimana jika dia benar-benar tidak

bisa keluar namun keberuntungan datang

kepadanya Hei ada orang lain selain aku

di hutan ini syukurlah pasti dia tahu

jalan keluarnya

Prabu segera menghampiri orang tersebut

dia sungguh terkejut ketika mengetahui

bahwa sosok yang dia lihat ternyata

seorang wanita cantik

ada wanita di tengah hutan gini sungguh

aneh sekali

ah namun Siapa tahu dia benar-benar bisa

menolongku Prabu Siliwangi pun menyapa

wanita cantik tersebut

Maafkan jika saya lancang Sepertinya

saya tersesat di hutan misterius ini

apakah anda bisa membantu saya

Wah ada manusia yang tersesat rupanya

Bagaimana bisa kamu pai jauh ke jantung

hutan seperti ini Ah saya terlalu asyik

berburu hingga tidak memperhatikan arah

Apakah anda bersedia menunjukkan jalan

keluar dari hutan ini aku sudah lama

tinggal di sini bisa dibilang aku tahu

seluk-beluk hutan ini aku akan

menunjukkannya Pada Mu namun aku punya

syarat apakah itu kalau saya boleh tahu

aku selama ini hidup sendirian di hutan

ini tinggallah bersamaku untuk beberapa

waktu maka akan kutunjukkan jalan keluar

Prabu merasa tidak ada ruginya berkorban

sedikit daripada tidak bisa keluar sama

sekali maka Prabu pun menyetujui syarat

tersebut Baiklah kuturuti persyaratan

mau itu keputusan yang bijaksana

tentunya tidak akan terjadi masalah pada

Kerajaan ku

aku tinggal beberapa hari saja

wanita itu mengajak Prabu pulang

kerumahnya rumahmu seperti istana

kerajaan Siapakah kau sebenarnya

wanita itu hanya tersenyum tanpa

menjawab pertanyaan Prabu Siliwangi

Prabu Siliwangi tinggal di hutan lebih

lama dari rencananya dia jatuh hati pada

wanita misterius itu hingga akhirnya

merekapun menikah

istriku aku rasa Sudah saatnya aku

kembali ke kerajaan ku rakyatku tentu

akan kesulitan jika rajanya menghilang

lama sekali Baiklah suamiku biarkan

pasukanku mengantarkanmu keluar dari

hutan ini jagalah selalu kesehatanmu

sesekali kembalilah ke sini Terima kasih

istriku jika aku lebih berguru lagi aku

akan mampir kesini

pasukan dari sang istri penguasa hutan

pun mengantarkan Prabu Siliwangi hingga

keluar dari hutan hohoho Sesampainya di

kerajaan seluruh rakyat sangat terkejut

selama ini mereka mengira Prabu Munding

wangi telah meninggal ngeh gini Ketika

sang prabu kembali tentu saja mereka

menyambut dengan sukacita

beberapa bulan berlalu begitu saja Prabu

sangat sibuk dengan pekerjaan yang

menumpuk selama dia pergi

hingga dia pun melupakan istrinya yang

tinggal di dalam hutan

pada suatu malam ketika Prabu tertidur

ia terbangun karena mendengar suara

tangisan bayi

Ia pun bergegas keluar istana Hai untuk

mencari asal suara tersebut

ketika Prabu membuka pintu kamar dunia

dikejutkan dengan kehadiran bayi mungil

yang sedang menangis dengan kencang

bayi siapa ini siapa yang berani membawa

bayi ke dalam istanaku

Prabu menggendong bayi itu dan bermaksud

untuk menyerahkannya kepada dayang

istana

tiba-tiba saja Sebuah sinar yang

menyilaukan mata muncul Entah dari mana

dari balik sinar tersebut muncullah

sesosok

wanita-wanita itu tak lain adalah istri

Prabu Siliwangi yang tinggal di dalam

hutan Selamat malam Suamiku aku datang

kemari untuk memberitahukan sesuatu yang

penting padamu

Apakah itu istriku ke dan bagaimana kau

bisa sampai di sini bayi yang kau Drum

adalah Putri kita aku kemari untuk

menitipkannya padamu rawatlah ia sebagai

manusia

Anak kita manusia Apa maksudmu aku

sebenarnya adalah siluman Ratu penguasa

hutan Aku ingin kau membesarkannya

selayaknya kaum manusia

berikanlah yang terbaik untuknya jagalah

dia dengan baik belum sempat Prabu

menjawab permintaan istrinya asap putih

menyelimuti ratu dan menghilang dari

hadapan Prabu Siliwangi Prabu pun

membawa masuk putrinya itu ke dalam

kamar dan berjanji akan merawatnya

dengan baik

sungguh bayi mungil yang cantik

akan kuberi nama kau Putri Kadita

beberapa tahun berlalu Putri Kadita

tumbuh menjadi gadis yang

cerita dan baik hati Prabu merasa senang

putrinya tumbuh menjadi gadis yang

cantik dan berbudi baik namun Adakalanya

Paras cantik putrinya itu mengingatkan

dia pada sang istri

Prabu sudah mencoba puluhan kali untuk

mencari istana istrinya di tengah hutan

namun

usahanya selalu gagal

Apakah istriku benar-benar telah

meninggalkanku

Hai waktu terus berlalu dan Prabu

mengkhawatirkan kerajaannya ia tidak

lagi memiliki istri dan dia tidak juga

memiliki Putra untuk meneruskan tahtanya

Apakah sebaiknya dia menikah lagi

putriku Ayah ingin meminta persetujuan

mu untuk menikah lagi

Ayah harus memiliki Putra untuk

meneruskan tahta kerajaan ini jika itu

memang kehendak Ayahanda demi kebaikan

negeri ini Putri tentu akan

menyetujuinya terima kasih putriku tidak

lama kemudian Prabu Siliwangi pun

menikah dengan seorang wanita bangsawan

bernama Dewi mutiara

beberapa bulan setelah pernikahan berita

baik terdengar Dewi mutiara dikabarkan

mengandung seorang bayi laki-laki

Hai hal ini membawa kebahagiaan

bagi Prabu dan Putri Kadita

ditengah kehamilannya Dewi mutiara

berubah menjadi Ratu yang pemarah egois

dan suka memerintah

Suamiku aku ingin makanan mewah seperti

jamuan istana Baiklah istriku akan

kuperintahkan Juru Masak istana

menyiapkannya untukmu pada awalnya Prabu

Siliwangi memenuhi semua permintaan

istrinya itu namun

permintaan Dewi mutiara semakin hari

semakin aneh suamiku demi kelancaran

kehamilanku aku ada permintaan Aku ingin

Putri Kadita keluar dari istana kita

istriku Tentu saja aku tidak bisa

memenuhi permintaanmu itu

ketika Prabu Siliwangi menolak

permintaannya Dewi mutiara merasa kecewa

Hai kesal dan sangat marah Selama masih

ada Putri Kadita kasih sayang Prabu akan

selalu terbagi dua aku harus mencari

cara

Grammy mutiara diam-diam mencari jalan

keluar untuk menyingkirkan Putri Kadita

dia pun pergi menemui seorang tukang

tenung atau dukun sakti

akan kubayar berapapun yang kamu mau

asalkan kau bisa membuat Putri Kadita

keluar dari istana hehehe Baiklah

bayaran untuk itu sangatlah mahal hahaha

suatu malam saat Putri Kadita sedang

tertidur dengan nyenyak asap tebal

berbau busuk menyelimuti tubuhnya namun

anehnya Putri Kadita tidak merasakannya

Pagi harinya

Hah seluruh tubuh Putri kita dipenuhi

dengan bintik-bintik pernah Hah Ada apa

dengan badanku Kenapa menjadi begini

Prabu segera memberi perintah pada Abdi

setianya untuk memanggil tabib segera

Panggil tapi paling hebat kemari seluruh

tabib dari berbagai penjuru Negeri telah

didatangkan akan tetapi tidak ada

seorang pun yang mampu menyembuhkan

putrinya itu pada saat itulah Dewi

mutiara menyampaikan bisikan jahat

suamiku alangkah baiknya jika Putri

Kadita diasingkan dari kerajaan tak ada

seorang tabib pun yang mampu

menyembuhkannya kita tidak tahu kapan

penyakit itu bisa menyebar dan menular

ke kita salon Putra kita ke rakyat kita

pertimbangkanlah ini ini demi kerajaan

kita juga Hah baiklah

Hai dengan berat hati Prabu merelakan

putrinya itu keluar dari istana Jaga

dirimu baik-baik putriku Maafkanlah

ayahmu yang tidak sanggup melakukan

apa-apa untukmu tidak apa-apa Ayah aku

akan baik-baik saja

akhirnya Putri Kadita meninggalkan

istana kerajaan Ia terus berjalan

menjauhi istana tidak terasa ia sampai

di gunung Kombang di gunung itu diapun

bertanya ku mohon sembuhkanlah Penyakit

ini Ya Tuhan setelah berbulan-bulan

doanya dijawab oleh seseorang

Pergilah ke b Selatan Hai Pergilah ke

pantai selatan

Hai Hah Siapa itu siapa di sana

keluarlah Aku adalah ibumu wahai anakku

Putri Kadita

ibu-ibu Kenapa kau tidak menampakan

dirimu Suatu saat kamu akan bertemu

denganku Pergilah terlebih dulu ke

Pantai Selatan entah bagaimana Putri

Kadita merasa yakin bahwa suara itu

memang ibunya putri Kadita pun segera

berlari kearah Selatan dia berlari dan

berlari selama berhari-hari

ketika dia telah sampai di pinggir

pantai selatan suara sang Ibu muncul

kembali sekarang Sebutkanlah dirimu ke

dalam laut menyatulah dengan alam tapi

Bu

maka Putri Kadita pun segera menceburkan

diri kalau tidak

keajaiban terjadi

semua bintik di tubuhnya perlahan

menghilang tidak hanya itu ia juga

berubah menjadi lebih cantik Terima

kasih laut kamu telah menyembuhkan

penyakitku disaat tidak ada yang mampu

menyembuhkan ku sebagai balasannya aku

akan tinggal di sini

Putri Kadita pun akhirnya memutuskan

untuk tinggal di laut tidak hanya itu ia

juga mendirikan istana dan mengumpulkan

ribuan pasukan Sejak saat itu Putri

Kadita dikenal sebagai Nyi Roro Kidul

atau sang ratu pantai selatan pulau Jawa

Hai

nasihat dari cerita ini adalah selalu

utamakan kebaikan Sekalipun kita

dicelakai





Sumber Legenda Nyi Roro Kidul

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »