Asal Usul Kota Jombang

Reza Aslan April 30, 2022

Hai Riri kumpulan dongeng dan cerita

anak

asal-usul Kota Jombang

ada sebuah desa yang terlihat begitu

Asri di wilayah Jawa Timur Desa tersebut

bernama Karang kejambon

dia adalah onnuri salah satu warga desa

setempat Dia memiliki seorang Putra

bernama Joko tulus cup cup jangan

menangis Le tumbuhlah menjadi anak yang

kuat

sesuai doa ibunya Joko tulus tumbuh

menjadi anak yang kuat namun

keadaan tidak berjalan baik baginya

kalian semua selalu mengejekku karena

tidak punya ayah lihat saja nanti aku

pasti akan menyalahkan kalian semua

tekad kuat Joko tulus saat kecil

membentuknya menjadi pribadi yang keras

dan bengal komunitas belum menyerah juga

ampun Joko Maafkan aku rasakan itulah

pembalasanku untuk semua hinaan yang

selama ini aku terima kalian selalu saja

menyebut kupu-kupu aku akan menjadi

lebih kuat lagi agar orang-orang tak

memandang rendah lagi akan kuasai negeri

ini supaya mereka tahu siapa Aku setiap

hari Joko terus-menerus membuat ulah dan

Mulai sejak itu dia pun dikenal sebagai

kebokicak yang berarti pendekar Sakti

berbadan besar dalam perjalanannya

mencari kekuatan Joko tiba di sebuah

daerah bernama banyuarang tepatnya di

Padepokan sumoyono

Permisi Kyle perkenalkan Aku adalah Joko

tulus namun orang memanggilku kebokicak

aku tadi melihat sekilas kau nampak

hebat izinkanlah aku untuk berguru

padamu

silakan saja aku akan menerima siapapun

yang mau belajar namun perlu diingat

jika ilmu yang kuajarkan haruslah

dipakai untuk kebajikan Terima kasih

Kyai Aku berjanji akan kugunakan ilmu

yang kuperoleh untuk kebaikan dia adalah

kakak seperguruan mu surontanu dia telah

lama belajar di sini Selamat siang

surontanu salam kenal Selamat siang kebo

kicak di padepokan itu kebokicak mulai

belajar ilmu kanuragan

Dia belajar dengan sungguh-sungguh

untuk menguji kemampuan kebokicak

guru pun meminta kedua muridnya untuk

berduel ingat Ini bukan tentang siapa

yang menang tapi Siapa yang paling

menguasai teknik dengan benar silakan

dimulai siap kali ya

pertempuran keduanya berlangsung seru

kedua-duanya sama-sama kuat walaupun

surontanu telah berguru terlebih dahulu

kepada Kiai namun kebokicak berhasil

mengimbanginya Baiklah cukup kalian

sama-sama hebat ingat kembali pesanku

untuk memakai ilmu ini untuk kebijakan

surontanu kuberikan kau sesuatu

perlakukanlah ia dengan baik dia adalah

terancam Kencono banteng kesayanganku

Terima kasih Kyai akan kujaga baik-baik

pemberianmu ini Jai surontanu sekalian

saja aku mohon pamit aku ia memperoleh

banyak ilmu dari sini Terima kasih

banyak Aku tidak akan melupakan jasa

yang Kyai telah berikan aku ingin

melanjutkan perjalananku mencari

Ayahanda Baiklah kebokicak

hati-hatilah Selama perjalanan semoga

kau mendapatkan apa yang kau inginkan

setelah mendapat Restu kebokicak pergi

meninggalkan Padepokan perjalanannya

terhenti di Kerajaan Majapahit Ia

mendapatkan kabar jika ayah yang selama

ini dicarinya merupakan patih di

kerajaan tersebut

Permisi tuan pengawal izinkan hamba

masuk ke dalam Aku ingin bertemu dengan

Patih pranggulang Jagat Mengapa kau

ingin bertemu dengan Patih Ada urusan

apa Maaf tuan Aku hanya ingin memastikan

Apakah benar beliau adalah Ayah yang

selama ini aku cari hahaha

cuman Pati tidak mungkin memiliki anak

sepertimu jika Tuhan tidak mengizinkanku

masuk maka Terpaksa aku akan menggunakan

kekerasan sungguh besar sekali nyalimu

kalahkan dulu kan berdua baru kau bisa

menemui sang Patih baiklah kalau itu

yang Tuhan mau pertarungan antara

kebokicak dan pengawal Kerajaan

Majapahit pun terjadi

hasilnya kebokicak dengan mudah

mengalahkan kedua pengawal tersebut

mendengar keributan yang terjadi Patih

pun keluar istana Ada ribut-ribut apa

ini siapa kau Fatih Pamulang bukan

maksud hamba untuk membuat keributan

perkenalkanlah nama hamba adalah Joko

tulus namun orang-orang menyebutku

dengan kebokicak lalu apa maksud

kedatanganmu kemari berarti sekali kamu

membuat keributan di ini loh Apakah itu

ajaran yang diberikan oleh orangtuamu

nama ibu hamba mungkin tidak asing

Bagimu Tuhan nama ibu hamba adalah one

dan warung wore maksud hamba kemari

adalah tak lain untuk menemui Ayah hamba

yaitu Anda tuan Patih kau mengaku-aku

sebagai anakku untuk membuktikan

Pergilah kau ke Sungai Brantas kalahkan

Bajul Ijo karena ia telah meresahkan

negeri ini bawalah batu hitam yang

dijaga olehnya sebagai bukti kau telah

mengalahkannya Jika kau benar anakku

Kamu pasti bisa dengan mudah melakukan

tugas itu

maka berangkatlah kebokicak menuju

Sungai Brantas tempat si Bajul Ijo

tinggal di tengah-tengah sungai yang

berarus besar kebokicak dan Bajul Ijo

saling berhadapan berkawan lemari adalah

untuk mengalahkanmu Bajul Ijo kau telah

meresahkan negeri ini Hehehe saya

enaknya saja kau bicara kau belum tahu

berhadapan dengan siapa pertarungan

keduanya pun terjadi serangan demi

serangan dikeluarkan keduanya mampu

bertahan hingga lama namun akhirnya

Bajul Ijo pun kelelahan dan Terhempas

ketanah dia sudah kukalahkan saatnya

mencari batu hitam dimana dia

menyembunyikannya

dia pun mulai mencari

hanya ini satu-satunya batu berwarna

hitam Apakah ini yang dimaksud dengan

batu hitam itu batu besar hitam yang

dijaga oleh Bajul Ijo pun berhasil

dibawa oleh kebokicak

ternyata kamu berhasil menyelesaikan

tugas yang kuberikan kamu pantas menjadi

anak Hai aku mengakui mu ah terima kasih

Tuan Pati Ayahanda atas jasanya

mengalahkan Bajul Ijo kebokicak mendapat

kehormatan untuk memimpin Kerajaan

Majapahit di wilayah barat sangat dekat

dengan Padepokan tempat ia berlatih dulu

dan saat ini wilayah tersebut sedang

terjangkit wabah penyakit wabah itu

telah berlangsung lama tak ada obat yang

bisa menghentikannya

twon wabah ini disebabkan oleh banteng

tracak Kencono

namun banteng tersebut terlalu kuat

tidak ada yang bisa mengalahkannya

Apakah kamu yakin itu penyebabnya Iya

Tuan kamu yakin Tuan sangat Sakti Tuhan

harus mengalahkannya jika tidak maka

Desa kita akan hancur kabel kicak pun

pergi menemui surontanu sang pemilik

kerbau teracak Kencono ke kicak berharap

kakak seperguruannya itu mau membantunya


wahai surontanu lama tak bersua

kemungkinan kau kini telah menjadi raja

kecil rupanya ada keperluan apa sehingga

kau datang ke sini

surontanu maksud kedatanganku kemari

adalah untuk meminta tolong agar kau mau

menyerahkan banteng mau ini dia adalah

penyebab wabah yang saat ini melanda

seluruh Desa Benteng ini Tentu saja

tidak bisa kuserahkan ini merupakan

warisan dari guru kita Tidakkah Kau

ingat beliau sudah mewasiatkan ini

padaku Ya

aku tahu tapi ini untuk kepentingan

negeri ini aku harus membawa banteng itu

tidak aku sudah berjanji pada guru untuk

menjaganya baik-baik Kau sungguh keras

kepala surontanu Apakah kau tidak

melihat kekacauan yang terjadi di Desa

jika ini terus lanjut maka akan menyebar

keseluruh Negeri Kau hanya perlu mencari

obatnya saja Bukankah di istanamu ada

tabib hebat tidak ada obatnya banteng

ini satu-satunya cara tidak bisa jika

kau terus mendesak maka aku akan melawan

MU mau bagaimana lagi Aku harus melawan

MU pertarungan antar murid seperguruan

pun tak terelakan

keduanya bertarung dengan hebat

pertarungan tersebut berlangsung

beberapa waktu keduanya sama-sama

bersikukuh dan tidak mau mengalah

kesaktian mereka menimbulkan aurajaya

berwarna hijau dan merah hijau dalam

bahasa Jawa adalah hijau sedangkan merah

adalah Abang dari kedua kata inilah

konon katanya kata Jombang berasal

daerah itu kini dikenal sebagai Kota

Jombang

sebuah kota di Jawa Timur yang dikenal

sebagai Kota Santri

Hai

pesan dari cerita ini adalah perbedaan

seringkali membuat kita bertengkar

Karena itulah kita harus memandang

sesuatu dari banyak Sisi agar kita bisa

melihat mana yang benar dan mana yang salah


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »