Legenda Sang Penunggu Bulan

Reza Aslan April 30, 2022

legenda penunggu bulan matahari pagi

bersinar begitu cerah seolah melimpahkan

kemakmuran di kerajaan pakuan ini Sebuah

kerajaan yang makmur di negeri Pasundan

Raja pakuan terkenal sangat bijaksana

Jika ada yang bertanya Siapa raja yang

paling bijak maka Raja pakuan lah

jawabannya huhuhu bahagia rasanya

melihat kedua putriku sangat akur Mereka

berdua adalah Putri Endah warni dan

Putri anteh Putri Indah warni merupakan

calon pewaris kerajaan pakuan sedangkan

anteh hanya anak seorang dayang anteh

jika sedang berdua kau jangan

memanggilku Tuan Putri ya kau sudah

kuanggap adikku sendiri umur kita kan

juga tidak jauh beda Sampai kapanpun

kita tetap bersaudara Tapi Putri Aku

tidak berani berbuat lancang seperti itu

lonceng apanya Bukankah Ayahanda dan

Ibunda juga sudah pernah menyampaikan

hal ini tidak ada yang berbeda dari kita

berdua baik kak aku akan memanggilmu

Kakak jika kita hanya berdua saja ya

Hah Baiklah ngomong-ngomong anteh aku

sebenarnya iri padamu Hah iri Kakak iri

padaku Aku tak punya sesuatu yang bisa

membuat orang lain terutama Kakak bisa

merasa iri itu karena kamu tidak

menyadarinya saja kamu mempunyai paras

yang manis pas I akan ada banyak

pangeran yang melamarmu Hahaha gak enak

bisa saja justru aku yang seharusnya iri

akan kecantikan

kakak-kakak jauh lebih cantik kemarin

ketika ada Pangeran Sebrang datang

matanya langsung tertuju ke Kakak ah

Itukan karena baju yang kamu pilihkan

untukku sangat bagus kamu dapat dari

mana sih Baju itu jahitannya rapi dan

halus Apakah kakak menyukainya itu

buatanku sendiri Kak Aku masih belajar

perlu banyak yang diperbaiki udah bagus

banget itu semua Pangeran terpesona oleh

gaunmu daun pernikahanku nanti juga kamu

saja ya yang bikin hahaha

aduh kata ini bisa aja kalau hasilnya

jelek bisa-bisa aku dimarahin oleh

seluruh negeri hahaha

huhuhu ternyata kak suka pada gaunku aku

harus berlatih lebih giat lagi supaya

bisa membuat gaun pernikahan yang bagus

demikianlah anteh memang mempunyai

kegemaran menjahit dan menenun hasil

jahitannya sungguh rapi dan halus

suatu malam Endah warni putriku Ada yang

ingin Ibu bicarakan padamu Iya Bu anakku

Indah warni kau merupakan satu-satunya

pewaris kerajaan pakuan sesuai ketetapan

istana kau harus memiliki pendamping

dulu sebelum menjadi ratu aku dan Ayahmu

telah memilih Ananta Kusuma sebagai

calon pendamping mu bagaimana aku bisa

menikah dengan orang yang belum aku

kenal Bu Jangan khawatir Ananta Kusuma

merupakan pemuda yang baik terlebih lagi

dia gagah dan tampan Kau pasti bahagia

bersamanya Baiklah bu ah

Hai mudah sekali Bunda bilang bahwa aku

pasti akan bahagia Padahal aku wah yang

akan menjalaninya Yakinlah Kak pilihan

orangtua pasti yang terbaik untuk

anaknya Tapi anteh aku takut jika nanti

Pangeran antakusumah tidak mencintaiku

Kakak Jangan berburuk sangka dulu Kakak

ini cantik pasti Pangeran akan suka Aku

juga yakin pak juga raja dan ratu tidak

akan sembarangan memilih jodoh buat

kakak yang kakak perlukan sekarang

adalah berdoa supaya diberi kelancaran

sewaktu prosesi pernikahan nanti Terima

kasih sudah mendukungku anteh kau memang

adik yang terbaik aku benar-benar

menyayangimu jangan lupa buatkan aku

gaun paling cantik di seluruh dunia ya

Aduh aku tak bisa jamin itu Kak Tapi aku

pasti akan melakukan yang terbaik

untuk kakakku tersayang

pernikahan Putri Indah warni dan

Pangeran Ananta Kusuma pun ditetapkan

di pagi yang cerah itu

Melati ini sungguh segar harum sekali

baunya sanggup pengantin Kak Endah Pasti

akan sangat luar biasa

melatih Melati

nananananana

Sementara itu di luar tembok istana

Pangeran Ananta Kusuma tidak sengaja

mendengar nyanyian anteh

suaranya merdu sekali ini adalah istana

para putri seharusnya suara ini pasti

milik salah satu Putri Raja hmm Aku jadi

penasaran dengan mudahnya Pangeran

Ananta Kusuma melompati tembok istana

dilihat dari bajunya dia mati seorang

putri Apakah dia calon istriku nanti

Apakah aku tanya saja

hmm Tapi bagaimana kalau aku dianggap

tidak sopan

Ah tidak tahu aku tanya saja

wahai gadis manis Siapakah namamu ah

Siapakah Tuhan ini bagaimana Tuhan bisa

sampai di sini

maafkan kelancanganku ini aku belum

memperkenalkan diri namaku adalah cream

teh Di manakah anda berada di sini aku

akan segera kesana

maaf tuan teh harus segera pergi

tinggallah Pangeran Anta Kusuma seorang

diri dia masih tertegun memikirkan

kecantikan anteh hari pernikahan pun

tiba Pangeran Ananta Kusuma dan Putri

Indah warni terlihat sungguh Anggun

mengenakan gaun pengantin hasil karya

anteh namun selama prosesi pernikahan

Pangeran Ananta Kusuma selalu

memalingkan wajahnya kearah lain dan

indah warni ketahui hal ini ia mengikuti

Arah pandangan sang pangeran pandangan

mata Pangeran Ananta Kusuma tertuju pada

anteh apa yang kau perhatikan sedari

tadi Pangeran eh tidak pesta ini sungguh

meriah aku sampai takjub melihatnya

Endah warni merasa kesal karena Pangeran

telah berbohong padanya dari siang

hingga menjelang sore Pangeran

terus-menerus mencuri pandang hal ini

semakin membuat Putri Indah warni merasa

kesal

malamnya setelah perjamuan selesai

permisi kak Endah sang pengantin baru

hehehe

Apa yang kau lakukan di kamarku ah Aku

hanya ingin menyapa Kakak dan kakak ipar

saja buat apa

Uh tadi siang aku terlalu malu untuk

menyapa jaji

tidak pergi sekarang juga dari aku Aku

tidak mau kau bertemu dengan suamiku

aada Apa ini Kak Mengapa Kakak marah

Apakah aku telah berbuat salah apa Kakak

tidak puas dengan gaun yang aku buat apa

kau ingat ketika aku bilang jika aku iri

pada wajah manismu dan sekarang aku

benci pada wajahmu itu besok kamu harus

keluar dari sana Ini kamu telah

mengkhianatiku sepanjang hari ini

Suamiku terus-menerus melirik kearah mu

cintanya telah dia berikan padamu bukan

kepadaku tapi Kak Aku tak bermaksud

untuk itu pergi ke bank pergi esok

harinya anteh keluar dari istana selama

ini dia selalu hidup di dalam

perlindungan Raja dia tidak mengenal

dunia luar sedikitpun

[Musik]

aduh kakiku rasanya seperti sopo capek

sekali aku beli dimana ini ya dari siapa

Nak afaman begini

Sepertinya kau bukan orang daerah sini

ya Apakah kau tersesat Aku baru saja

datang dari wilayah kerajaan Paman goyah

jauh sekali Kamu berjalan kau mau kemana

aku tidak tahu paman aku kehilangan

rumah

wajahmu terasa tidak asing kau mirip

sekali dengan kakakku

hahaha Mungkin saja Kita saudara Paman

Siapa nama kakak Paman gagak Gubernur

Mada dapat dia dulu bekerja di kerajaan

Dadap itu nama ibuku Apakah kakak Paman

bekerja di istana sebagai dayang Hahaha

iya betul Berarti kau adalah ke rekanku

Aku adalah Pamanmu Waru Adi dari ibumu

entah Apakah ibumu pernah menceritakan

tentang aku atau tidak mungkin saja kamu

tidak pernah mendengar cerita tentangku

ini selalu bercerita tentang keluarganya

kok Paman syukurlah aku bisa bertemu

keluarga Ibu di sini Paman Bolehkah aku

tinggal di sini tentu saja kau adalah

anakku juga masuklah kedalam

Sejak saat itu aneh tinggal di rumah

Pamannya

bertahun-tahun ia tinggal di sana hingga

Ia memiliki keluarga sendiri Ia menikah

dan mempunyai anak

anteh masih terus menjahit untuk

membantu pamannya

keahliannya dalam menjahit ini membuat

orang-orang tertarik memesan baju

padanya hingga suatu saat Hai sebuah

kereta kencana berhenti didepan rumahnya

nampak seorang wanita anggun keluar dari

kereta tersebut ternyata Ia adalah Endah

warni kakaknya dulu Kakak Bagaimana kau

bisa sampai di sini Ah tidak ada

keperluan apa Tuhan Putri di sini Apa

yang bisa saya bantu Oh anteh akhirnya

kumenemukanmu aku bersyukur kau masih

terus menjahit berkat gaun buatanmu yang

sangat terkenal itulah aku bisa

menemukanmu

Benarkah Kakak mencariku Ada apa kak

tidak ada hal buruk yang terjadi Kan hak

kamu masih saja ceria seperti dahulu ya

Aku ingin meminta maaf atas kejadian

yang lalu aku sungguh ilah Aku ingin

menjadikanmu penjahit pribadiku penjahit

pribadi Kakak Iya kau bisa bekerja

sekaligus berkumpul kembali dengan Ayah

dan Ibunda tapi Kak aku kini telah

mempunyai keluarga sendiri jangan

khawatir ajaklah keluargamu juga Apakah

kau tidak menerima permintaan maafku aku

tentu saja memaafkan luka tapi aku akan

bicarakan dulu dengan suami dan Pamanku

akhirnya anteh dan keluarganya pindah ke

istana putri Endah warni telah

membuatkan sebuah rumah di pinggir taman

untuk mereka tinggal aneh pun kini telah

diangkat menjadi penjahit istana

satu-satunya yang masih membuatnya tak

nyaman adalah Pangeran Ananta Kusuma

hahaha hadapan teh ternyata masih belum

berubah selamat malam Teh ah Pangeran

apa yang Pangeran lakukan di sini aku

kesini untuk memberimu hadiah

ini adalah candramawat ku kesayanganku

mulai sekarang dia milikmu bahwa kembali

kucing itu pantai aku tidak bisa

menyembunyikan perasaanku padamu kamu

juga tahu kan kalau aku sangat

menyukaimu Pangeran tidak boleh berkata

begitu engkau ada suami kakakku kumohon

Pergilah dari sini

aku bisa menjadikanmu sebagai selirku

tidak aku sudah punya suami Aku sama

sekali tidak menyukaimu

Hah suamimu itu bukanlah tandingan ku

aku punya kekuasaan dan aku punya

kekuatan Sakti menyerahlah sebelum aku

menggunakan kekerasan maka anda pun

berdoa Oh Tuhan tolonglah hambamu ini

berilah hamba kekuatan untuk bisa lepas

dari pangeran Ananta Kusuma hamil tahu

dia sangat Sakti

pernah itu tolonglah hamba

tiba-tiba entah melayang dan terangkat

ke atas Seberkas Sinar seolah

menyedotnya lebih naik ke atas bersama

kucing dan peralatan menjahitnya Ia pun

menghilang bersama sinar bulan yang

tertutup awan Sejak saat itu dikabarkan

Nyai anteh tinggal di bulan ditemani

kucingnya jika Rindunya pada keluarga

sudah tak dapat ditahan dia akan menenun

kain untuk dijadikan tangga tapi

sayangnya tenunannya tidak pernah

selesai karena si kucing selalu

merusaknya gini jika bulan purnama kita

bisa melihat bayangan Nyai anteh duduk

menenun ditemani candramawat

nasehat dari cerita ini adalah

Kadangkala kita harus berkorban demi

orang-orang yang kita cintai

disini anteh berniat untuk menyelamatkan

kakaknya namun di mengorbankan suami dan

anaknya selalu bersikap bijaklah dalam

mengambil keputusan


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »