Asal Usul Pohon Kelapa

Reza Aslan April 30, 2022

 asal-usul pohon kelapa

dahulu kala di belahan Nusantara bagian

Timur tepatnya di suatu daerah di Papua

terdapat sebuah hutan yang dihuni oleh

suku Asmat Suku Asmat mempunyai banyak

keahlian salah satunya adalah Berburu

Babi Hutan itu sangat besar Aku harus

berhasil menangkapnya

denah di pasaran Dia adalah kameho

seorang pemburu handal yang sangat

dihormati h

dari ini bisa untuk 5 hari hasil

tangkapan yang luar biasa

sampai Ho pun membawa pulang hewan

buruannya ke rumah

sesaat kemudian asap mulai mengepul dari

rumah kameho istri kamehoe langsung

sibuk memasak hasil buruan tadi makanlah

yang banyak Priok bayako sehat Papa

makanan sudah siap Ayo makan Masakan

mama memang yang terbaik deh aku pasti

banyak makan dulu saja Masakan mama Kau

sangat enak itu karena daging yang papa

bawa pulang sangat bagus hahaha bener

juga Papa memang hebat dalam berburu uh

harusnya riolla yang berburu untuk

makanan kita hari ini kenapa masih saja

harus papain berburu tapi pria masih

kecil ia terlalu lemah untuk memegang

busur panah itu karena mama terlalu

memanjakannya sewaktu Papa seumur Priyo

Bapak sudah berburu di tengah hutan

sendirian tak lagi tinggal sama orang

tua Harus Pisah dan tinggal di rumah

jauh sungguh berbanding terbalik dengan

Priuk biarlah dia sekarang dia menjadi

orang yang penakut

besok pria akan kubawa ke rumah jauh

agar dia menjadi lelaki yang pemberani

tapi Pah apa ini tidak terlalu cepat

tidak sudah tidak bisa ditunda lagi

tidak apa sayang Besok Mama akan

mengantar kau tapi mah aku benar-benar

tidak bisa kesana rumah jauh adalah

rumah yang diperuntukkan para lelaki

yang masih bujang di dalam rumah Jauh

tidak boleh ada wanita dan anak dibawah

umur 10 tahun

kau sudah dengar belum pria besok mau

datang

Benarkah anak penakut itu sepertinya

pasti kamarnya aku marah-marah kali ini

free tidak akan bisa menghindar

Huh aku benar-benar takut pergi ke rumah

Jo bagaimana ini sebenarnya ketakutan

Priyo lebih tertuju pada pohon beringin

atau orang setempat menyebutnya pohon

lucu pohon lucu ini dihuni oleh para roh

semua roh yang tinggal di pohon lucu

merupakan roh yang baik dan tidak pernah

mengganggu orang esok paginya Ayo Brio

hari ini akan Papa antar kau ke rumah

jauh ah tapi papa aku takut mereka aku

tetap di rumah saja aku berjanji akan

belajar berburu bersama Papa Berhentilah

merengek ini sudah ketentuan adat dengan

manja mulai malam ini kau harus tidur di

rumah jauh

uh Mama Kau terlalu memanjakan kau

selama ini Mulai hari ini

kau akan belajar caranya hidup sebagai

laki-laki sejati betapa pohon ini

sungguh menakutkan tidak ada yang perlu

ditakutkan Papa Pohon ini melirikku

[Musik]

beberapa saat kemudian mereka pun sampai

dirumah jauh hari pertama di rumah jauh

Rio masih belum bisa beradaptasi

malam harinya para tetua adat memberi

petuah petuah atau cerita mengenai

perang dan dongeng-dongeng yang membuat

semangat para pemuda namun Priyo justru

menyembunyikan dirinya di balik tikar

daun pandan yang biasa disebut dengan

Tapin uh Mengapa harus cerita hal-hal

yang seram aku harus cepat-cepat tidur

Pagi harinya Priyo memutuskan untuk

pulang kerumah handphone ini benar-benar

menakutkan Joy dia seperti mengawasiku

tidak tahu ah aku lari saja

sesampainya di rumah Priyo menceritakan

semua ketakutannya Apakah aku boleh

pulang saja Ma tapi kau tahu sendiri

Priyo Papa kau tidak akan kasih izin

kembalilah ke rumah jus sebelum petang

aku harus cepat kalau malam datang hutan

ini pasti tambah menyeramkan

[Musik]

uh Apa itu ada asap dari mana

Uh pohon lucu Ampuni aku aku minta izin

untuk lewat kumohon jangan kedua aku

ketika malam hari tiba Priyo tidur lebih

awal daripada anak-anak lainnya dalam

tidurnya Priyo mengalami mimpi yang

cepetan Eh Priyo terbangun dan mendapati

dirinya berada ditempat asing telah

berada di mana Aku Mengapa Semuanya

serba putih

huhaha tolong tolong ada hantu

[Musik]

Oke

kau

hahaha maaf aku terlalu kaget hingga

berteriak sekencang itu

suruh

kamu roh kamu mengenalku tumbuh sesuai

Aku mau aku

lucu

kali kau

tidak ada ketakutan itu hanya aku buat

kiri Aku tidak percaya diri aku tidak

mempunyai keahlian aku tidak mempunyai

keberanian

tahu sebenarnya kamu bye

Benarkah kau Bisa Membuatku menjadi

berguna Bagaimana caranya kamu akan ada

jika aku bisa berguna untuk keluargaku

Aku tidak apa-apa woi bro

Mohon

terima kasih round wucu keajaiban itu

pun terjadi diangkatlah roh Priyo dari

tubuh manusianya dan dipindahkan ke

sebuah pohon

Keesokan paginya hingga matahari

bergerak semakin tinggi Priyo masih juga

nge-review Bangun sudah siang Jika kamu

tidak tanggal sekarang ketua adat akan

marah padamu ia tak bangun-bangun

Bagaimana ini kita Panggil pace kamehoe

saja kedua teman Priyo mendatangi rumah

Priyo dan menyampaikan kabar duka

tersebut

Maafkan Mama Priuk Mama tidak bisa

melindungi kau

kematian Priyo merupakan kejadian yang

aneh bahkan

keanehan masih terjadi jauh setelah

Priyo dimakamkan dari makam Rio

muncullah sebuah Tunas pohon tidak ada

yang tahu Pohon apa itu Tunas itu terus

tumbuh menjelang Tinggi pohon itu sangat

lurus dan tidak bercabang daunnya

Melambaikan tertiup angin Tak lama

kemudian pohon tunggui berbuah

Hai pohon itu adalah pohon kelapa sebuah

pohon yang sangat berguna mulai dari

akar batang

buah serta daunnya

inilah kisah Priyo karena keteguhan

niatnya yang ingin menjadi berguna dia

pun berubah menjadi pohon yang sangat

berguna bagi banyak orang

pesan dari cerita ini adalah

ketakutan berasal dari diri kita sendiri

Kita harus berani menghadapinya


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »